ENGLISH SPEECH




  

 
Pidato diartikan sebagai pengungkapan pikiran dalam bentuk katakata yang ditujukan kepada orang lain atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak. Keraf, 1988 (dalam Husna, 2012: 8) mengemukakan bahwa pada hakikatnya pidato termasuk seni monologika dalam keterampilan berbicara. Monologika hadir pada zaman retorika modern.

    Keterampilan berpidato merupakan salah satu bentuk komunikasi yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Bisa dengan cara membaca atau dengan berbicara tanpa teks. Seseorang yang akan berpidato, hendaknya memiliki persiapan yang matang. Karena sejalan dengan pendapat yang mengemukakan bahwa berpidato merupakan salah satu wujud kegiatan berbahasa lisan.  Namun, pada kenyataannya pidato dapat disampaikan dengan cara membaca teks. Hal ini merupakan wujud nyata dari salah satu jenis membaca, yakni membaca teknik. Membaca pidato tidak sekadar hanya membaca teks namun juga memerlukan pemahaman 
    Dalam membacakan teks pidato terlebih dahulu pembaca perlu memahami isi teks tersebut, agar saat dibacakan pembaca mampu menjiwai teks. Hal ini sejalan dengan pendapat (Javed et all, 2015) “Reading comprehension is an interactive process between the reader and the text. During reading process, the reader extracts meaning from the text by utilizing his/her previous knowledge through employing effective reading comprehension strategies.” Tidak hanya kemampuan dalam pemahaman teks tetapi orang yang berpidato hendaknya memiliki pengetahuan yang berkaitan dengan materi pidato. Karena berhasil tidaknya seseorang dalam membacakan teks pidato harus diimbangi dengan pengetahuan yang cukup untuk memahami isi materi dari teks pidato tersebut. 

Berikut ini kami sajikan beberapa contoh pidato bahasa inggris yang dapat dilihat pada link yang tersedia :

1. School Cleaning   klik disini
2. Drugs Klik disini
3. Global Warming Klik disini



0 comments:

Posting Komentar