Present Continuous Tense

 

PRESENT CONTINOUS TENSE
Adalah aturan pembentukan kalimat yang digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sedang berlangsung.  

                        Pola: Subject + Is/am/are +Ving
 
 
Digunakan untuk :
A.     Mengekspresikan perbuatan atau kegiatan yang benar-benar sedang berlangsung pada saat berbicara (by the moment of speaking)
Example :         I am studying English now
                        My mother is cooking now
                        It is raining now
                       
B.      Menunjukkan bahwa suatu perbuatan atau kegiatan sedang berlangsung dimasa sekarang, tetapi bukan hanya pada saat berbicara
Example :         He is teaching at SMPN 6 Makale
                        We are living in living
                        They are taking course at Rantepao
                        They are building Toraja house
C.      Ada sejumlah kata kerja yang tidak dapat digunakan dalam present continuous tense yaitu:
    1.    Verbs of though jenis kata kerja yang menyatakan pendapat atau pikiran seseorang. Contohnya                 adalah appreciate, recognize, agree, believe, expect, remember, know, forget, see, suppose, dan             understand.
    Contoh kalimatnya adalah
        ·             I know him. [Saya mengenalnya]. BUKAN ditulis I am knowing him
        ·             He agrees with me. [Dia sependapat dengan saya.]
        ·             I believe in you. [Saya percaya pada Anda.]
        ·             She forgets my brithday. [Dia lupa ulang tahun saya.]
        ·             I see what you mean. [Saya mengerti maksud Anda.]
        ·             We understand your concern. [Kami mengerti kekhawatiran Anda.]
        ·             I recognize the need to learn English. [Saya menyadari perlunya belajar bahasa Inggris.]
                    
    2.    Verbs of possession adalah jenis kata kerja yang menyatakan kepemilikan. Contohnya adalah                 have/has, own, owe, dan possess. Jika Anda menggunakan jenis kata kerja ini pada present                     continuous tense, maka contoh kalimatnya seperti berikut:
        ·           I have a dream. [Saya punya sebuah impian.]
        ·           She owns a car. [Dia memiliki sebuah mobil.]
        ·           I owe him ten dollars. [Saya berhutang sepuluh dolar padanya.]
        ·           You possess a pencil. [Anda mempunyai sebuah pensil.]
    3. Verbs of the sense adalah jenis kata kerja yang berhubungan denga panca indera. Contoh kata kerja         jenis ini antara lain feel, notice, taste, dan smell.

        Contoh kalimat kata kerja jenis ini pada present continuous tense adalah:
        ·       I feel better now. [Saya merasa lebih baik sekarang.]
        ·       I notice that your child is very naughty. [Saya merasa bahwa anak Anda sangat nakal.]
        ·       This coffee tastes a little bitter. [Kopi ini terasa sedikit pahit.]
        ·       We smell with our noses. [Kita mencium bau dengan hidung kita.]
 
   4. Verbs of emotion adalah kata kerja yang menyatakan perasaan dan berkaitan dengan emosi                     seseorang. Contoh kata kerja jenis ini adalah admire, fear, like, prefer, need, want, dan wish.
        Contoh kalimat present continuous tense yang menggunakan kata kerja jenis ini adalah:
        ·       I really fear to go there. [Saya benar-benar takut pergi ke sana.]
        ·       I admire her for her success. [Saya mengagumi dia karena kesuksesannya.]
        ·       I like your hat. [Saya menyukai topi Anda.]
        ·       I prefer oranges to apple. [Saya lebih menyukai jeruk daripada apel.]
        ·       She needs your help. [Dia memerlukan pertolongan Anda.]
        ·       We want to leave now. [Kami ingin berangkat sekarang.]
        ·       He wishes for a car at Lebaran. [Dia berharap mendapatkan sebuah mobil di hari Lebaran.]
 
 
D.     Adverb of time untuk present continuous tense
-          Now/at present
-          At this moment
-          Nowadays
-          Today
-          For the time being
 
Example of conversation
1.         Andra    :Are you studying or listening to the radio
        Beni     :I am listening to the Radio

2.       Jojo      :What are you talking about ?
       Jeremy : We are talking about our trip

3.       Keysia : Where are you going ?
       Kasih   : I am going to the funeral ceremony

4.       Leo      : What is he doing there
       Natan   : He is cutting the tress
 

0 comments:

Posting Komentar